Minggu, 17 Februari 2013

Tak Habiskan Makanan ? Anda Akan Didenda Di Resto Ini

Sebuah restoran di Jepang memaksa pengunjungnya untuk menghabiskan makanan. Mereka melakukannya dengan cara menerapkan denda jika makanan yang dipesan tidak dimakan hingga habis.

Restoran Hachikyo di kota Sapporo ini menyediakan berbagai menu seafood dengan andalan telur ikan salmon. Untuk memesan menu tsukko meshi yang berupa nasi dengan telur salmon inilah konsumen harus menyetujui suatu peraturan. Rupanya itu adalah kesediaan pembeli untuk memberikan donasi jika tidak menghabiskan menu tersebut.
Hal tersebut dilakukan untuk menghargai kerja keras nelayan yang menangkap ikan hingga bisa tersaji di meja makan. Jadi restoran melarang keras pembeli meninggalkan meski hanya sebutir beras di piring. Tsukko meshi sendiri dihargai USD 20 (Rp 200 ribu) per porsi.

"Kondisi nelayan saat melaut sangat berbahaya dan serba tak pasti apakah mereka bisa pulang hidup-hidup," tulis penjelasan dalam peraturan itu. "Sehingga untuk menghormati kerja keras mereka bagi pengunjung yang tidak menghabiskan makanan itu harus memberikan donasi."
Cara penyajian tsukko meshi ini juga unik dengan menirukan pengalaman nelayan. Pembeli tidak boleh menyentuh nasi yang dihidangkan sambil menunggu telur salmon dibagikan oleh pelayan. Setelah dikomando nantinya pelayan mulai membagikan sambil meneriakkan yel-yel yang harus diikuti para pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar